Normalisasi Hubungan dengan Israel, Turki Berkeras Gaza Harus Bebas Blokade

Category: Berita 7 0

kispa.org – Juru bicara kepresiden Turki, Ibrahim Qalan hari ini Senin (28/12) menyatakan, pihaknya berkeras syarat-syarat yang diajukan harus dipenuhi jika Israel ingin normalisasi hubungan.

Qalan menegaskan dalam konferensi persnya hari ini di komplek kepresidenen di Ankara bahwa hubungan dengan Israel tidak akan normal kembali sebelum pihak Israel memenuhi syarat-syarat Turki terkait serangan pasukan zionis terhadap kapal Mavi Marmara di perairan internasional pada 31 Mei 2010.

“Tak ada normalisasi hubungan selama Israel tidak menerapkan tiga syarat Turki, syarat pertama Israel sudah meminta maaf kepada Turki terkait serangan terhadap Mavi Marmara”. Tegas Qalun.

Terkait syarat kedua yakni ganti rugi, sudah direaliasikan sebagian namun belum pada tahap tanda tangan dan perundingan masih dilanjutkan.

Sementara syarat ketiga, yakni meringankan dan membebaskan blokade Gaza atau izin penyampaian bantuan kemanusiaan ke Gaza yang belum dipenuhi.

Turki menyatakan tidak akan melepaskan syarat-syarat tersebut.

Ia kembali menegaskan, sikap Turki terhadap persoalan Palestina dan perjuangannya meraih keadilan sudah jelas. Baik disetujui kesepakatan dengan Israel atau tidak, Turki akan terus mendukung rakyat Palestina. (mrr/infopalestina)

Related Articles

Add Comment