Qatar Peringatkan Berlanjutnya Blokade Israel Atas Jalur Gaza

Category: Berita 6 0

Qatar Peringatkan Berlanjutnya Blokade Israel Atas Jalur Gaza

kispa.org – Negara Qatar memperingatkan berlanjutnya blokade yang diberlakukan penjajah Zionis atas Jalur Gaza dan aktivitas pembangunan permukiman Yahudi di Palestina, serta soal pembatasan untuk mengakses ke tempat-tempat suci di al-Quds dan berlanjutnya yahudisasi al-Quds dan penghancuran identitasnya, dan pelanggaran-pelanggaran lain yang bertentangan dengan resolusi-resolusi PBB terkiat dan aturan-aturan hukum internasional.

Qatar meminta DK PBB untuk memaksa penjajah Zionis menghormati aturan-aturan hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional, menolak semua praktek dan tindakan ilegal yang dilakukan otoritas penjajah Zionis. Qatar meminta DK PBB pentingnya mengambil langkah-langkah untuk menghentikan pratek-praktek tersebut dan memberikan perlindungan internasional kepada bangsa Palestina.

Melalui pernyataan utusan tetap negara Qatar di PBB, Ilya Saif bin Ali Tsani, yang dibacakan di depan pertemuan resmi DK PBB seputar situasi di Timur Tengah termasuk isu Palestina, Qatar menegaskan bahwa negara Qatar tidak pelit dengan upaya apapun untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Pernyataan ini menegaskan bahwa demi mewujudkan tujuan ini Qatar telah mendistribusikan berbagai kemampuannya untuk membantu dalam sisi kemanusiaan, guna mengatasi dampak yang harganya dibayar oleh warga sipil, akibat berlanjutnya agresi dan blokade atas Jalur Gaza.

Dijelaskan bahwa Qatar sampai sekarang telah melaksanakan proyek-proyek rekontruksi Gaza senilai 230 juta dolar, mencakup penyelesaian 1060 rumah apartemen di kota Syaikh Hamad, penyelesaian 25% dari proyek pembangunan 1200 unit rumah lainnya, dan pembangunan rumah sakit Syaikh Hamad untuk rehabilitasi dan kaki buatan, serta pelaksanaan 45 proyek jalan-jalan dalam.

Yang mencemaskan adalah bahwa pelanggaran-pelanggaran penjajah Zionis tersebut terus terjadi tanpa memperhatikan dampak yang ditimbulkan dan merusak asas-asas solusi damai bagi konflik Arab – Israel.

Untuk menepati tanggung jawab DK PBB merealisasikan perdamaian di Timur Tengah, menuntut diakhirinya pendudukan oleh Israel di semua tanah Arab yang didudukinya dan mewujudkan solusi yang adil, menyeluruh dan langgeng, serta kembalinya para pengungsi Palestina dan dikembalikannya hak-hak rakyat Palestina tanpa tawar-menawar.

Qatar menyerukan DK PBB mendorong aktif demi merealisasikan kemajuan nyata dalam proses perdamaian, yang bisa mewujudkan keamanan dan stabilitas bagi bangsa-bangsa kawasan dan mencabut semua alasan pembenaran yang digunakan para ektrimis untuk mengobarkan perasaan dan peningkatan ekstrimisme.

Utusan Qatar menegaskan bahwa negaranya terus mendukung upaya-upaya internasional bagi terwujudnya perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah dan siap turut andil dalam upaya apapun secara turun untuk mewujudkan tujuan ini berdasarkan referensi-referensi legal. (mrr/infopalestina)

Related Articles

Add Comment