UNRWA: Separuh Penduduk Gaza Tanpa Keamanan Pangan

Category: Berita 5 0

kispa.org – Sebuah laporan ekonomi dari Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), yang dirilis hari Selasa (22/12), mengungkap bahwa 47% keluarga di Jalur Gaza pada tahun 2014 tidak memiliki keamanan pangan. Angka ini meningkat 2% dari tahun sebelumnya.

Laporan dengan judul “Situasi Darurat di Jalur Gaza” ini mengatakan, telah rilis hasil baru untuk menjelaskan situasi ekonomi, sosial dan keamanan pangan secara terang, telah disampaikan di kota Ramallah pada bulan Desember dari Bidang Keamanan Pangan di Tanah Palestina yang terdiri dari organisasi pangan dan pertanian, program pangan dunia dan UNRWA.

Berdasarkan informasi yang ada, 48% keluarga di Jalur Gaza pada tahun 2014 tidak memiliki keamanan pangan. Angka ini meningkat 2% dari tahun sebelumnya. Laporan UNRWA ini menyebutkan, tidak adanya keamanan pangan di kalangan warga (49%) lebih tinggi dari pengungsi (45%), meski kedua-duanya lebih buruk dibandingkan dengan tahun 2013. Hal ini mencerminkan penurunan dalam mendapatkan pangan secara umum di Gaza, sebagai akibat pengangguran yang meningkat, serta kenaikan harga pangan dan gejolak ekstrim dalam perekonomian.

Dampak negatif dari mendapatkan pangan lebih dirasakan secara khusus di perkotaan. Di mana tingkat tidak adanya keamanan pangan meningkat 3% antara tahun 2013 dan 2014. Sementara keluarga-keluarga di pedesaan situasi mereka sedikit membaik, akibat kemampuan mereka menggantikan penurunan dalam kesempatan kerja dan mendapatkan pangan dengan memproduksi langsung bahan-bahan pangan, yang mungkin dilakukan apakah dengan mengkunsumsinya atau memanfaatkan dari tingginya harga dan menjualnya. (mrr/infopalestina)

Related Articles

Add Comment