Ustadz Ferry Nur: Inilah Mengapa Umat Islam Harus Peduli Suriah

Category: Kegiatan KISPA 33 0

kispa.org – Suriah adalah bagian dari negeri Syam yang diberkahi. Rasulullah saw pernah berdoa kepada Allah memberkahi Syam dan Yaman. Diantara negeri yang banyak dikunjungi sahabat Nabi untuk berdakwah dan jihad adalah negeri Syam.

“Syam itu terdiri dari Suriah, Lebanon, Yordania dan Palestina. Syam ini adalah suatu negeri yang pernah didoakan Rasuluallah Saw, Ya Allah berkahilah Syam dan Yaman kami,” kata Ketua Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina, Ustadz Ferry Nur, S.Si kepada Islampos di kediamannya di Jakarta, Kamis (8/10).

Dikatakan Ferry Nur, di Suriah, tepatnya di Camp Pengungsian Yarmuk, banyak para pengungsi Palestina yang menetap disana. Sebelum revolusi terjadi, jumlah pengungsi Palestina di Suriah mencapai 500.000, kemudian setelah revolusi meningkat menjadi 18.000 jiwa.

“Ketika itu para pengungsi kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok. Mereka makan daun dan apa yang bisa dikonsumsi. Melihat keprihatian itu, KISPA ambil bagian untuk peduli terhadap penderitaan rakyat Suriah. Bukankah sebagai sesama mukmin itu bersaudara. Maka kita tolong dan bantu mereka. Rasulullah mengajarkan, sebaik-baik kamu adalah yang memberi manfaat kepada orang lain,” ungkap Ferry.

Syam dalam catatan sejarah, merupakan tempat tujuan para saudagar dalam aktivitas perniagaan. Termasuk Rasulullah Saw pun pernah berniaga ke Syam. Kebiasaan orang terdahulu, ketika musim panas mereka pergi ke Syam, dan ketika musim dingin mereka berkunjung ke Yaman.

“Yang tak boleh dilupakan adalah, Masjidil Aqsha berada di negeri Syam, tepatnya di Palestin, atau di Al Quds. Disinilah Rasululullah melakukan tempat mi’raj ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah shalat lima kali semalam,” tandas Ferry Nur.

Sebelum kolonialisme penjajahan yang menghancurkan khilafah Islam, Syam menjadi Pusat Pemerintahan Islam. Karena penjajahan lah, negeri islam itu dipangkas, dikotakkan menurut kepentingan masing-masing.

“Syam adalah tempat bersejarah, tempat orang terdahulu melakukan aktivitas dakwah dan jihad. Itulah sebabnya, kenapa umat Islam harus peduli peduli pada Suriah atau Syam, negeri yang diberkahi Allah dan didoakan oleh Rasulullah Saw,” tukas Ustadz Ferry Nur. (mrr/islampos)

Related Articles

Add Comment