Lewat UNRWA, Jepang Beri Donasi 38 Juta Dolar Bagi Pengungsi Palestina

Category: Berita 28 0

Badan Bantuan Pengungsi Palestina (UNRWA) dilaporkan telah mengumumkan bahwa pemerintah Jepang telah memberi sumbangan besar bagi Palestina. Bantuan senilai 38,21 juta USD digunakan untuk pendanaan pelayanan yang dilakukan UNRWA untuk pengungsi Palestina di Suriah, Libanon, Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Dalam keterangan yang dirilis pada Senin (29/2/2016), UNRWA telah mengonfirmasi kepastian donasi ini. Sebelumnya Jepang memberi donasi melalui perjanjian yang ditandatangani oleh Duta Besar Jepang Takeshi Okubo dengan Wakil Komisaris Jenderal UNRWA Sandra Mitchell di Ramallah, PIC melaporkan.

UNRWA menyatakan bahwa angka ini merupakan nilai terbesar yang diberikan Jepang dalam satu kali pembayaran sekaligus. UNRWA menjelaskan bahwa 15 juta dolar dari donasi ini akan dialokasikan untuk mendukung pelayanan kesehatan, pendirikan, dan darurat kemanusiaan di Jalur Gaza. Sementara itu dana senilai 20,87 juta dolar ditujukan untuk perbaikan dan perluasan kemampuan program pendirikan dan kesehatan UNRWA di Tepi Barat, Libanon dan Suriah.

Sebanyak 2,34 juta dolar akan dialokasikanuntuk mendukung pembentukan jaringan saluran air limbah di kamp pengungsi “Aqabah Jabr” di Tepi Barat. Rencananya jaringan ini akan dihubungkan dengan pengolahan air limbah pabrik di Jericho, yang dibangun atas dana dari Jepang.

“Donasi ini dengan sendirinya akan cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan pengungsi Palestina di seluruh penjuru kawasan. Donasi ini akan menjamin para pengungsi di Gaza akan tersedia makanan, rumah dan kesempatan kerja yang mereka butuhkan demi mengatasi tantangan akibat konflik berulang-ulang dan kemiskinan akut serta blokade yang mencekik mereka,” demikian menurut Mitchell. [aaa/islampos]

Related Articles

Add Comment