Alasan Zionis-Israel Ingin Kuasai Tepi Barat Secara De Jure

Category: Berita 20 0

kispa.org – Disebut hanya mengandalkan pertanian dan peternakan untuk menjalankan roda perekonomian di Palestina, ternyata sebuah perusahaan Yahudi baru saja mengeluarkan pernyataan mengejutkan dengan menyebut wilayah Tepi Barat memiliki ladang minyak.

Adalah perusahaan Yahudi Hatrurim bergerak dalam bidang eksplorasi minyak dan gas yang menemukan kandunga minyak mentah berkisar antara 7-11 juta barel di dekat Laut Mati wilayah timur Tepi Barat, dengan taksiran pendapatan mencapai 1,2 miliar shekel (US $ 318 juta).

Sebenarnya perusahaan minyak Zionis Israel “Delek” telah mulai melakukan eksplorasi di wilayah tersebut sejak tahun 1995, akan tetapi penurunan harga minyak mentah dan penemuan gas alam di perairan Mediterania menyebabkan mereka menghentikan kegiatan eksplorasi.

Akan tetapi meskipun berada di wilayah Palestina, pemerintah Otoritas Mahmoud Abbas tidak dapat melakukan kegiatan eksplorasi di kawasan tersebut dikarenakan masuk dalam Zona C perjanjian Oslo.

Dalam Perjanjian Oslo yang ditandatangani pada tahun 1995 di Amerika Serikat, Otoritas Palestina tidak berhak mengontrol wilayah Zona C yang mewakili 61% luas wilayah Palestina di Tepi Barat secara administrasi dan keamanan. Apapun kebijakan yang diambil Otoritas Palestina di wilayah ini harus mendapat persetujuan oleh Zionis Israel. (aaa/eramuslim)

Related Articles

Add Comment