Israel Bangun Permukiman Baru di Tepi Barat

Category: Berita 17 0

kispa.org (Yerusalem) : Departermen Keamanan Zionis memutuskan membangun permukiman baru Yahuri dekat permukiman Shilo bagi mereka yang dievakuasi dari koloni permukiman Amona.

Menurut keterangan yang dirilis Dewan Permukiman Zionis di Tepi Barat, permukiman baru yang akan didirikan ini mencakup 139 unit rumah, sebagai ganti dari bangunan-bangunan liar di permukiman Amona yang akan dirobohkan hingga akhir tahun 2016 ini berdasarkan keputusan yang dikeluarkan Zionis pada Desember 2014.

Departemen Keamanan mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan organisasi “Amana”. Permukiman baru ini akan didirikan dekat permukiman Shilo yang terletak antara propinsi Ramallah dan Nablus, untuk menampung 40 keluarga Yahudi ekstrim yang tinggal di koloni permukiman Amona.

Dalam konteks terkait, surat kabar ZIonis Ha’aretz mengatakan dalam laporannya, pemerintah penjajah Zionis berniat mendirikan permukiman baru untuk memuaskan para ekstrimis dan oposisi guna membongkat koloni permukiman di tersebut.

Ha’aretz menjelaskan, permukiman tersebut didirikan pada tahun 1997 di atas tanah milik warga Palestina dan pada tahun 2006 terjadi peristiwa kekerasan saat pembongkaran 9 rumah permanen.

Sejak saat itu hingga tahun 2014, warga Palestina yang menjadi pemilik tanah melakukan gugatan hukum ke Kejaksaan Agung melalui organisasi Israel Yashdeen.

Setelah itu pemerintah Netanyahu berjanji akan membongkar koloni permukiman tersebut hingga akhir tahun 2012, namun terus ditunda-tunda. Pada Oktober 2014, Mahkamah Agung Zionis memutuskan pembongkaran koloni permukiman tersebut secara keseluruhan hingga akhir tahun 2016 ini. (aaa/infopalestina)

Related Articles

Add Comment