145 Ribu Palestina Meninggalkan Suriah Akibat Perang

Category: Berita 37 0

kispa.org (Gaza) Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah mendokumentasikan bahwa lebih dari 145 ribu Palestina telah mengungsi dari Suriah ke Turki, Jalur Gaza serta negara-ngera Arab dan Eropa, akibat perang yang terus memanas di negara tersebut sejak tahun 2011.

Data yang dirilis Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah pada hari Rabu (13/7), menyebutkan bahwa lebih dari 144200 pengungsi Palestina Suriah eksodus dari Suriah ke Yordania, Libanon, Mesir, Turki, Jalur Gaza dan sejumlah negara Eropa.

Data ini menjelaskan bahwa sampai 13 Juli 2016 sudah 15500 pengungsi Palestina Suriah eksodus ke Yordania, 42500 pengungsi ke Libanon, 8000 pengungsi ke Turki dan 1000 pengungsi kembali ke Jalur Gaza.

Berdasarkan data Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) hingga Juli 2015, sebanyak 6000 pengungsi Palestina melarikan diri ke Mesir. Lebih dari 71,2 ribu pengungsi Palestina Suriah tiba di Eropa hingga akhir Desember 2015.

Berkaitan dengan situasi kamp-kamp pengungsi Palestina di Suriah, Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah menyebutkan bahwa kamp pengungsi Yarmuk di ibukota Damaskus mengalami blokade dari rezim Suriah sejak 1122 hari secara berturut-turut, listrik terputus dari kamp pengungsi Yarmuk sejak 1189 hari dan air terputus sejak 672 hari secara terus-menerus. Sementara itu jumlah korban dari warga kamp mencapai 187 pengungsi.

Sedang kamp pengungsi Sabina di selatan Damaskus, pasukan rezim mencegah warganya kembali ke rumah-rumah mereka sejak 975 hari secara terus-menerus.

Menurut data Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah, seluruh warga kamp pengungsi Handarat di wilayah utara telah eksodus sejak sekitar 1167 hari setelah kelompok-kelompok oposisi bersenjata menguasai kamp.

Sementara itu kamp pengungsi Daraa di dekat perbatasan Yordania Suriah mengalami pemutusan air sejak 826 hari, selain itu 70% bangunan yang ada sudah hancur.

Berdasarkan data dari UNRWA, jumlah total pengungsi Palestina di Suriah 593600 pengungsi.

Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah, yang berkantor di London, adalah organisasi HAM yang diluncurkan pada tahun 2012 atas inisiatif kolektif dari para tokoh Palestina dan Arab untuk memantau pelanggaran yang dialami para pengungsi Palestina di Suriah dan mendokumentasikannya, di tengah-tengah tidak adanya lembaga-lembaga resmi dan tidak resmi yang melakukan itu. (aaa/infopalestine)

Related Articles

Add Comment