Haniyah Serukan Dukung Tawanan dalam Aksi Mogok Makan “Karamah II”

Category: Berita 28 0

kispa.org (Gaza)  Wakil ketua biro politik Hamas, Ismail Haniyah menyerukan agar seluruh rakyat Palestina, bangsa Arab dan umat Islam berdiri satu barisan mendukung tawanan Palestina yang sedang menggelar aksi mogok makan “Pertempuran Karamah II” sampai mereka memenangkan pertempuran tersebut melawan represif penjajah Zionis.

Haniyah meminta dalam khutbah Jumatnya hari ini (5/8) agar ada gerakan diplomasi politik negara-negara Arab untuk menekan tindakan ngawur yang dilakukan Zionis terhadap tawanan dia menegaskan perlawanan Palestina akan terus menjadi puncak gunung es yang bisa menekan dan bisa mempertahankan kekuatan mereka dalam rangka mematahkan kekejaman yang dilakukan oleh Zionis, seperti yang pernah terjadi dalam pertukaran tawanan beberapa tahun laludengan Israel.

Haniyah menegaskan, tawanan Palestina merupakan persoalan paling prioritas dan paling utama dari agenda agenda pimpinan perjuangan Palestina. Ia mengajak agar ada pertemuan darurat Majelis Umum PBB untuk mengambil keputusan membela tawanan Palestina di penjara Israel dan membela hak-hak mereka yang dijamin oleh undang-undang internasional agar Israel tidak berlanjut dalam sikap semena-menanya.

Di sisi lain, Haniyah menegaskan Palestina tetap akan berpegangteguh komitmen untuk menuntut pembangunan pelabuhan laut di Gaza karena hal tersebut merupakan hak paling mendasar dan persoalan yang harus ditekankan dalam setiap perundingan terkait kesepakatan gencatan senjata beberapa tahun lalu usai perang 2014.

Dia juga menyerukan agar pelaksanaan Pemilu daerah di Palestina dilakukan sesuai dengan jadwal pada Oktober nanti dengan persaingan yang sehat. Hamas telah memutuskan untuk ikut dalam pemilu tersebut sebagai bukti atas kepercayaannya terhadap partisipasi politik di Palestina setelah upaya kesepakatan rekonsiliasi gagal. (aaa/infopalestina)

Related Articles

Add Comment