Konferensi Islamabad Kecam Agresi Zionis pada Palestina dan al-Aqsha

Category: Berita 12 0

kispa.org – Konferensi “Kebesaran Dua Kota Suci dan Persatuan Umat Islam” mengecam agresi penjajah Zionis terhadap rakyat Palestina dan masjid al-Aqsha. Konferensi meminta para pemimpin negara Islam untuk menunaikan peran aktif mereka untuk pembebasan masjid al-Aqsha.

Konferensi yang digelar di Ibukota Pakistan Islamabad ini menyerukan persatuan umat Islam untuk menyelesaikan seluruh isu dan tantangan yang dihadapi negara-negara dan bangsa-bangsa Islam.

Dalam orasinya para peserta menegaskan kesucian dan kehormatan dua kota suci (Makkah  dan Madinah) dan masjid al-Aqsha. Mereka menegaskan pentingnya menghadang terorisme dan radikalisme, dan menyebarkan metode moderat dan tengahan.

Konferensi Islamabad juga mengecam keras serangan teroris yang terjadi di samping masjid Nabawi bulan Ramadhan lalu. Konferensi menegaskan, “Sekarang waktunya umat Islam melawan elemen-elemen dan organisasi-organisasi teroris yang mengancam masa depan umat Islam dan dua kota suci.”

Para peserta konferensi mengungkapkan kecamannya pada tindakan arogansi India terhadap kaum muslimin Kasymir dan meminta PBB dan masyarakat internasional untuk segera mengaktifkan resolusi-resolusi PBB yang berkaitan dengan Kasymir untuk menentukan nasib mereka sendiri.

Konferensi juga memuji kegagalan kudeta militer yang terjadi di Turki serta mendukung rakyat Turki bersama pemerintahnya.

Konferensi ini dihadiri para tokoh dari luar Pakistan. Di antaranya Wakil Menteri Urusan Islam di Arab Saudi, Sheikh Abdul Rahman Al-Ghannam, imam dan khatib Masjid Al-Aqsha Sheikh Ikrima Sabri  (mantan Grand Mufti Al-Quds), Mufti Istanbul Turki, Sheikh Rahmi Yaran, anggota Dewan Syura Sheikh Adil Imawidah, dan sejumlah duta besar dan diplomat dari negara-negara Arab dan Islam. (mrr/infopalestina)

Related Articles

Add Comment