10 Ribu Lebih Warga Peringati Hari Bumi di Sakhnin

Category: Berita 25 0

kispa.org – Lebih dari 10 ribu warga dari berbagai daerah melakukan aksi longmarch dalam rangka memperingati hari bumi, bertolak dari kota Sakhnin lalu ke Arubah dan tiba di Der Hana, dimana terjadi tindakan kejahatan di daerah tersebut seperti pada tahun 1976 lalu. Aksi dimulai dari makam Sakhnin dimana ditanam di sana para syuhada. Hari Bumi yang diikuti sejumlah pimpinan politik, budayawan dan tokoh nasional. Acara dimulai dengan terlebih dulu mengheningkan cipta selama beberapa menit untuk mengenang para syuhada yang meninggal di hari Bumi juga para syuhada Palestina lainya.

Para pembicara dalam acara tersebut menyinggung sejumlah penderitaan yang dialami rakyat Palestina akibat pemberangusan bertubi-tubi sejak awal Nakbah hingga penghilangan identitas kearaban dan nasionalisme. Kaum penjajah memberangus undang-undang persamaan, menerapkan undang-undang larangan adzan, terus menggusur tanah dan mencurinya dari tangan rakyat. Disamping penggusuran dan penghancuran rumah milik warga sebagaimana terjadi di Ummu Hairan.

Pada tanggal 30 Maret setiap tahun, bangsa Palestina senantiasa mengenang hari bumi sambil memperingati peristiwa tahun 1976, dimana Zionis dengan alat tempurnya menggusur tanah milik warga yang berada di wilayah 48 jajahan. Pada tahun ini sana, pemerintah Zionis telah menggusur 21 ribu hektar tanah warga di Jalil Utara hingga menimbulkan perlawanan dan menewaskan 6 warga gugur syahid serta melukai ratusan lainya. (aaa/infopalestina)

Related Articles

Add Comment