Israel Kuasai 85% Wilayah Palestina Historis

Category: Berita 14 0

kispa.org (Ramallah)  Data resmi menyatakan bahwa Israel telah menguasai secara riil lebih dari 85 persen dari wilayah Palestina Historis seluas 27 ribu km persegi. Selain telah menjajah Palestina dan mendirikan entitas negara di atas 78 persen wilayah Palestina Historis, juga merampas wilayah Tepi Barat untuk dibangun permukiman, selama beberapa tahun lalu Israel telah menguasai 1000 hektar wilayah Tepi Barat atau 40 persennya. Kemudian setelah itu Israel mengumumkan wilayah sebagai “wilayah negara”, demikian data resmi dari Pusat Statistik Palestina.

Menjelang Peringatan Hari Bumi yang akan dirayakan oleh warga Palestina pada 30 Maret setiap tahun, jumlah penduduk Palestina di wilayah jajahan Israel (wilayah Palestina dan Israel) mencapai 48 persen dari total penduduk. Menjelang akhir tahun 2015, jumlah titik permukiman dan titik pos militer Israel di wlayah Tepi Barat mencapai 413 titik, 269 blok permukiman di antaranya  di bangun di atas separuh wilayah Palestina yang berstatus sebagai sebagai tanah milik pribadi.

Data Pusat Statistik yang dilansir detilnya oleh QudsPress menegaskan, sekitar 47 persen warga pemukim Yahudi tinggal di Jerusalem (Al-Quds) dan prosentasi mereka sampai 69 persen di banding penduduk asli Palestina di sana. Sementara di Tepi Barat, warga pemukim yahudi 21 banding 100 penduduk Palestina.
Pemerintah Israel terus melanjutkan politik pembersihan etnis terhadap bangsa Palestina melalui penggusuran rumah dan penyitaan tanah warga Palestina. tahun lalu 2016 saja, sebanyak lebih dari 1000 fasilitas fisik Palestina di Tepi Barat digusur, sehingga lebih dari 1,6 ribu warga Palestina terusir dan terlunta-lunta, setengahnya adalah anak-anak.

Terkait Jalur Gaza, Pusat Data statistik Palestina ini menyatakan, meski wilayahnya kecil namun Israel menjadikan wilayah itu dengan menutup wilayah perbatasan dengan batas pagar seluas 1,5 ribu meter atau 24% wilayah dikuasai Israel dari total luas Jalur Gaza 365 km persegi. Wilayah Jalur Gaza menjadi terpadat di dunia dengan prosentasi 5000 orang perkilometer persegi. (aaa/infopalestina)

Related Articles

Add Comment