3 Langkah Tingkatkan Kemenangan Warga di Al-Quds

Category: Berita 25 0

1221346442Kispa.org – Al Quds

Selama dua pekan berturut-turut, warga berjibaku bersama-sama saling tolong untuk menggagalkan rencana Zionis yang akan menguasai secara penuh Masjid Al-Aqsha. Kondisi ini memunculkan sejumlah pertanyaan, bagaimana mendukung dan meneguhkan perjuangan warga Al-Quds.

Siapapun tak mengingkari bahwa Al-Quds adalah kota yang paling banyak membutuhkan dukungan di semua sektornya. Siapapun tahu, apa yang dilakukan Zionis terhadap Al-Quds berupa pengaturan ketat, pajak yang tinggi, tujuanya untuk memperkuat Palestina dan mencegah mereka membuat basis di Al-Quds jajahan.

Dalam kaitan ini, para pengamat dan pakar Palestina kepada Infopalestina menyampaikan ada tiga langkah yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan perjuangan dan membangun kemenangan yang telah mereka raih.

Dukungan Dana

Jamil Hamami, Sekjen lembaga tinggi Islam menegaskan, kota Al-Quds butuh peningkatan dukungan, terutama untuk masalah perumahan. Penduduk Al-Quds menderita tingginya harga-harga serta besarnya pajak yang harus mereka bayar kepada Israel. Karena memang Israel berupaya mengosongkan Al-Quds dari penduduk aslinya.

Hal yang sama diungkapkan Hayel Shunduqah, anggota komite pengembangan Al-Quds yang menegaskan, penduduk Al-Quds butuh dukungan berupa tempat tinggal dan juga bangunan. Urgens sekali dukungan terhadap mereka berupa bangunan di sejumlah tempat yang berbeda, terutama Kota Kuno.

Sementara Pakar masalah Al-Quds, Jamal Amer berpendapat, penting sekali mempersenjatai Al-Quds yang sedang teraniaya, terutama karena penduduknya tidak mendapatkan dukungan apa-apa kecuali omongan saja. Sementara pada saat yang sama, para pemukim Zionis yang tinggal di Al-Quds mendapatkan milyaran dollar untuk memperkuat eksistensi mereka di sini.

Ketiga pakar tadipun berpendapat, pentingnya semua pihak melihat Al-Quds secara khusus. Karena Al-Quds adalah yang paling banyak  mengalami perubahan identitas keArab atau eksistensi  pembersihan etnis Arab dari kota Al-Quds. Sementara izin membangun dari pemerintah Zionis sangat jarang, bahkan belum pernah ada bagi warga Palestina. Kalaupun ada, mereka harus mengeluarkan uang yang tak sedikit, selain pajak tentunya yang hampir semua orang tak bisa mendukungnya. (aa/pip)

Related Articles

Add Comment