Separo Rujukan Berobat Dari Gaza Ditolak Israel

Category: Berita 15 0

Kispa.Org (Al-Quds) Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengungkapkan, divisi kerja sama militer Zionis menunda separoh surat rujukan berobat ke sejumlah rumah sakit Israel yang telah diajukanya sejak bulan April kemarin. Koran Haaretz Zionis pada terbitanya hari Senin (14/8) melaporkan,  sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan WHO terbukti, dari 2282 surat permohonan rujuk berobat yang disetujui pihak militer Zionis hanyak 47,2 % saja. Mereka menolak 2,1 % dan menunda 50,7 % lainya tanpa alasan, hingga batas waktu pemeriksaan terhadap pasiennya habis.

Diantara pasien yang ditunda pengobatanya mencapai 255 bocah yang berada dibawah 18 tahun, 141 lanjut usia dan diatasnya. Jika dibandingkan dengan bulan April, militer Zionis telah menunda izin pengobatan sekitar 39 % dari 776 pasien yang telah mengajukan permohonan berobat. Mereka terdiri dari 178 bocah, 39 orang tua diatas 60 tahun. Bahkan kadang mereka juga menunda izin pengobatan bagi para pasien yang telah mendapat izin keluar sebelumnya.

Menurut organisasi ini, ada kemunduran yang signifikan terkait jumlah jumlah persetujuan berobat bagi pasien Gaza dari 92.5 % di tahun 2012 menjadi 62,1 % di tahun 2016. Menurut koran ini, semua permintaan surat izin keluar untuk berobat melalui perlintasan Bet Hanun, umumnya mereka yang sudah mendapat izin dari pemerintahan Otoritas Palestina yang telah dijanjikan akan ditanggung semua biaya pengobatanya. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment