64 Galian dan Terowongan Mengancam Pilar-pilar al-Aqsha

Category: Berita 16 0

GalianKispa.org – Al-Quds

Laporan tahunan yang diterbitkan oleh yayasan Al-Quds Internasional mengatakan, jumlah penggalian di bawah masjid al-Aqsha mencapai 64 galian dan terowongan yang terbagi di empat sisi masjid al-Aqsha. Separohnya berada di sisi barat masjid al-Aqsha, yang jumlah penggalian di sana mencapai 32 galian. Galian-galian ini mengancam masjid al-Aqsha mengalami longsor.

Laporan ini menilai bahwa pertemuan pemerintah penjajah Zionis di sebuah terowongan yang berjarak beberapa meter saja di sebelah barat masjid al-Aqsha pada 28 Mei 2017 lalu dalam peringatan 50 tahun pendudukan seluruh wilayah al-Quds, merupakan pesan jelas bahwa penggalian-penggalian ini diadopsi oleh pucuk piramida politik Zionis yang digunakan untuk mempropagandakan sejarah Yahudi yang berbeda.

Laporan ini menegaskan bahwa pembangunan yahudisasi di sekitar masjid al-Aqsha belum berhenti. Sudah sangat dekat sekali penjajah Zionis benar-benar mulai membangun proyek “Beit Haliba / House of Essence”, yang berjarak sekitar 20 meter dari tembok al-Burak di barat masjid al-Aqsha, dan sinagog “Essence of Israel” yang berjarak sekitar 200 meter dari pagar barat masjid al-Aqsha. Penjajah Zionis telah menyetujui pembangunan sebuah sinagog Yahudi di Jabal Mukabbir di barat daya Kota Tua di al-Quds. Sementara itu nampak perkembangan ke arah pelaksanaan rencana kereta gantung di sekitar masjid al-Aqsha.

Laporan ini menyoroti niat penjajah Zionis melakukan yahudisasi dataran Jabal Zaitun dan yahudisasi beberapa gerbang masjid al-Aqsha dan Kota Tua. Pemakaman dekat masjid al-Aqsha juga tidak luput dari penistaan yang dilakukan penjajah Zionis. Seperti pemakaman ar-Rahmah dan Yusufiyah. Bagian-bagian dari pemakaman telah digusur dan disita dengan tujuan untuk merubahnya menjadi taman Talmud dan ditempatkan di dalamnya makam-makam yahudi fiktif. (aa/pip)

Related Articles

Add Comment