Konferensi al-Quds Internasional Digelar di Istanbul

Category: Berita 10 0

Kispa.Org (Istanbul ) Hari Sabtu (23/9/2017), digelar Konferensi Internasional al-Quds” di ibukota Turki Istanbul dengan tema: “Al-Quds … Dulu, Sekarang dan yang Akan Datang”. Walikota Amrania Hassan Jann dalam pidato pembukaan konferensi mengatakan, “Hari-hari ini kita menyaksikan kedzaliman besar terhadap kota suci (al-Quds) tersebut. Ada banyak yang gugur di kota suci yang diberkani tersebut.”

Sementara itu Khatib Masjid al-Aqsha, Syaikh Ikrimah Shabri mengatakan, “Al-Quds dan masjid al-Aqsha adalah dua kata yang saling terkait erat, secara aqidah, keimanan dan perdaban.”

Dia menjelaskan, “Jejak-jejak Turki masih ada dan saksi sidik jadi Turki Othoman masih ada di kota tersebut, termasuk di masjid al-Aqsha. Hak politik kami di Palestina tercermin pada perjanjian tahun 15H yang ditandatangani sejumlah sahabat senior (Nabi saw).”

Asisten Kepala Urusan Agama Turki, Juthat Anal, mengatakan dalam pidatonya, “Identias kota suci al-Quds terlukis lewat tempat-tempat ibadah yang ada di dalamnya. Kota suci al-Quds adalah jantung umat dan kehormatan kaum muslimin, yang merupakan jantung kaum muslimin.”

Ketua Ikatan Anggota Parlemen untuk al-Quds, Aljazairi Jarullah, menyatakan bahwa ikatan anggota parlemen untuk al-Quds senantiasa bekerja agar para anggota parlemen di seluruh dunia bekerja demi kota al-Quds. “Kami juga melakukan kunjungan ke parlemen-parlemen dunia untuk menghadapi aksi-aksi penjajah Zionis di Palestina,” ungkapnya.

Konferensi ini digelar untuk mengenalkan al-Quds dan memperkuat kecintaan pada kota tersebut. Dengan cara memaparkan sejarah kota suci al-Quds, pengenalan budaya dan peradaban dari para peneliti tentang kota al-Quds.

Belakangan ini kota al-Quds mengalami ketegangan dan eskalasi antara warga Palestina dengan pasukan penjajah Zionis. Akibat pembatasan yang diberlakukan pasukan penjajah Zionis di gerbang masuk ke masjid al-Aqsha. Yang belakangan ini mulai menurun berkat perjuangan para jamaah yang bersiaga di masjid al-Aqsha dan keteguhan mereka sehingga penjajah Zionis membatalkan semua langkah-langkah barunya. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment