Rosmiyah Odeh Ikon Perlawanan Palestina

Category: Berita 14 0

Kispa.Org (Amman) Usia Odeh 70 tahun, seusia dengan penjajahan Israel terhadap Palestina. Dia adalah ikon lama dalam perjuangan bangsa di luar negeri. Kisahnya mengungkapkan semangat perlawanan terhadap penjajah Zionis. Dia mempraktikkan sebuah kebenaran yang dijamin oleh semua undang-undang langit maupun undang-undang bumi dalam perjuangan melawan pendudukan.

Dia Juga dikenal dengan nama Rosmiah Yousif atau Rosmiah Steve atau Rosmiah Joseph. Seorang yang berkwarga negaraan warga Palestina, lahir pada tahun 1948 di desa Lifta, Palestina. Dia pelaku aksi pasar “Mahaneh Yehuda” di jantung Al-Quds terjajah tahun 1969 yang menewaskan banyak orang Yahudi dan melukai sembilan yang lain.

Ia kemudian ditangkap pemerintah Israel dan dijatuhi hukuman penjara oleh pengadilan pada tahun 1970. Ia divonis hukuman penjara seumur hidup dan telah menghabiskan sekitar sepuluh tahun di dalam penjara sebelum dibebaskan dalam transaksi pertukaran tawanan.

Sebelumnya, Rosmiah Odeh termasuk dalam transaksi pertukaran Nawras  antara Front Rakyat untuk pembebasan Palestina dengan tentara Israel yang mensyaratkan, Odeh dideportasi ke luar Palestina bersama sejumlah tawanan lainya. Ia kemudian memilih tinggal di Yordania kemudian pindah ke ke Lebanon lalu ke Yordania. Dan kemudian ke Amerika Serikat pada tahun 1995, sampai mereka dideportasi dan kembali ke Yordania beberapa hari yang lalu. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment