Rencana Zionis Bangun 2000 Unit Permukiman di Tepi Barat

Category: Berita 10 0

Kispa.Org – Surat kabar Israel Haaretz mengungkapkan, Komite Perencanaan Tinggi yang berada dibawah pemerintahan daerah Israel berencana melakukan ratifikasi permukiman  setelah perayaan hari besar Zionis “Midzallah” untuk membangun tak kurang dari 2000 unit pemukiman baru di Tepi Barat. Surat kabar yang berbahasa Ibrani yang mengutip pernyataan seorang pejabat Israel menyebutkan, sebagian besar dari pembangunan yang akan disetujui komite ini masih dalam proses perencanaan dan beberapa yang lainya sudah pada tahap tender.

Pejabat ini mengatakan kepada Haaretz, bahwa selama pertemuan kabinet pada Ahad kemarin (24/9) sejumlah menteri menyampaikan, penundaan rapat koordinasi hingga beberapa kali, terkait dengan permintaan Gedung Putih agar tidak bentrok dengan sejumlah pertemuan tersebut AS di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Menurut agenda komite rencana ini seharusnya sudah dipublikasikan pada 19 September lalu, sehari sebelum Donald Trump bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di New York. Namun Gedung Putih dalam hal ini meminta Kantor Perdana Menteri Israel untuk menunda penerbitan agenda Komite sampai pertemuan Trump-Abbas selesai.

Menurut jadwal proyek ini akan dipublikasikan pada Selasa besok (26/9) dengan tujuan memberikan kesempatan bagi komite untuk menggelar pertemuan pada depan, sebelum hari raya Midzollah. Perlu diketahui, Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO telah memutuskan dalam pertemuannya pada hari Ahad kemarin di Ramallah untuk mengajukan masalah permukiman sebagai kejahatan perang dan pembersihan etnis, diskriminasi dan apartheid, ke Pengadilan Pidana Internasional. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment