5 Langkah Akhiri Blokade Sampai Negara Palestina Merdeka

Category: Berita 7 0

Kispa.Org (Gaza) Aleg Palestina yang juga ketua Komite Rakyat Anti Blokade, Jamal Hidri memastikan ada lima tahap mengakhiri blokade Israel terhadap Jalur Gaza setelah rekonsiliasi Palestina terwujud dan pemerintah konsesus bekerja di Jalur Gaza.

Hidri menyatakan dalam salinan keterangan persnya kemarin Jumat yang diterima Pusat Informasi Palestina bahwa ke-5 tahapan itu adalah; mengoperasikan koridor aman antara Jalur Gaza dan Tepi Barat, membuka seluruh perlintasan, membebaskan blokade laut, mendirikan dan mengoperasikan pelabuhan dan bandara udara, serta mengatasi seluruh krisis sampai mengantarkan kepada pendirian negara Palestina dengan ibukota Al-Quds.

Hidri memaparkan fakta imbas berbahaya blokade Jalur Gaza dalam seluruh sektor ekonomi, kesehatan dan lingkungan, tingkat pengangguran 60% yang tertinggi di dunia, 1,5 juta warga di sana miskin yang berharap segera ada perubahan.

Percepatan mengakhiri blokade dan dampaknya ini mengharuskan semua pihak berbagi peran dengan pihak dunia Arab, Islam dan semua masyarakat internasional. Karenanya, Hidri mengajak ada pembangunan proyek ekonomi di Gaza dan membuka peluang menampung pekerja sebagai gerbang riil menghadapi bahaya makin meningkatnya tingkat pengangguran dan kemiskinan.

Sementara faksi-faksi Palestina, ditambah Mesir dan Uni Eropa serta PBB dan lembaga-lembaga steak holdernya sudah menujukkan perannya di Jalur Gaza dalam proses rekonsiliasi dan realisasinya.

Hidri mengingatkan bahwa rakyat Palestina di Jalur Gaza adalah warga tegar dan heroik menghadapi berbagai krisis, dari perang dan dampaknya sejak penjajahan Israel tahun 1967, blokade Israel sejak 2006, perpecehan internal Palestina sejak 2007, tiga kali perang Israel ke Jalur Gaza dari 2008-2009, 2012 dan 2014 dan sampai kini masih 35% rumah-rumah warga di Jalur Gaza masih luluh lantak belum dibangun akibat senjata Israel.

Namun begitu warga Palestina di Jalur Gaza dari anak-anak hingga tua renta masih berharap lebih baik. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment