100 Ribu Dollar Dari Bangsa Palestina di Inggris Untuk Gaza

Category: Berita 9 0

650059128Kispa,org – London

Ketua Forum Palestina di Inggris, Hafez al-Karmi meminta pemerintah Inggris agar meminta maaf kepada bangsa Palestina atas terjadinya Deklarasi Balfour. Ia menyebutkan “deklarasi Balfour sebagai perjanjian terburuk sepanjang sejarah. Ia telah mencuri tanah orang kemudian membagi-bagikanya kepada pencuri lainnya.

Dalam pidatonya dihadapan ratusan peserta acara pekan Palestina dan Arab Ahad (13/11) kemarin yang diadakan Forum Palestina London, Al-Karmi mengatakan, bangsa Palestina sekarang lebih berkomitmen untuk memperjuangkan hak-hak mereka untuk bisa kembali ke rumah mereka di Palestina daripada sebelumnya.

Sementara itu, Ketua panitia pekan Palestina, Adnan Humaidan mengisyaratkan, untuk acara tahun ini berbeeda dengan sebelumnya dimana ada dua acara istimewa yaitu pemutaran fil dokumenter tentang Deklarasi Balfour, kedua film blokade Gaza, selain ada penyajian produk dan makanan khas Arab warisan Palestina.

Ratusan warga Palestina yang tinggal di kota Manchester ikut berpartisipasi di hari pertama Palestina pada hari Sabtu. Dalam dua acara tersebut para peserta pekan berhasil mengumpulkan dana sebesar seratus ribu dollar yang akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Gaza.

Delegasu gerakan boikot Israel di Universitas Manchester, Hoda Amouri mengungkapkan kegembiraan atas kegiatan ini. ia bersama teman-temanya sedang mengajukan protesnya ke pengadilan atas kebijakan pemerintah Inggris yang menjual persenjtaanya kepada Israel.

Acara pekan Palestina ini diakhiri dengan festival kesenian yang menampilkan seorang senimam Abdel Fattah Awainat dan Amer Al-Ashqar yang ikut berpartisipasi dalam acara ini. selain ada pagelaran Dabka dan pertunjukan teater.

Perlu dicatat, Hari Palestina di Inggris ini, diadakan hampir setiap tahun sejak berdirinya Forum Palestina di Inggris. (PIP/aa)

Related Articles

Add Comment