Menlu Irlandia Lakukan Kunjungan Inspeksi Ke Gaza

Category: Berita 26 0

Kispa.Org (Gaza) Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia, Simon Covini melakukan kunjungan inspeksi untuk proyek bantuan negaranya di Gaza. Covini tiba di Gaza melalui perlintasan Bet Hanun yang berada dalam kendali Israel, dalam kunjungan yang berlangsung selama beberapa jam. Menteri Irlandia memaparkan proyek bantuan negaranya di Gaza, dan bertemu dengan sejumlah pejabat dari lembaga internasional yang beroperasi di Gaza.

Beberapa saat selanjutnya, Menteri Irlandia bertemu dengan Menteri PU dan Perumahan dalam pemerintahan rekonsiliasi Palestina, Mufid al Hasainah.  Sumber di kementerian menyebutkan, sejumlah proyek rekonstruksi Gaza menjadi bahasan pembicaraan Menteri Irlandia, dan kerjasama serta kordinasi dua pihak.

Menteri Palestina, Mufid al Hasainah memaparkan proyek rekonstruksi Gaza dan sejumlah proyek infrastruktur dan jalan, serta menyampaikan apresiasi upaya Negara-negara Eropa yang memberikan dukungan investasi dan pembangunan di Palestina.

Sehari sebelumnya, Menteri Irlandia bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan sejumlah menteri di kota Ramallah Tepi Barat.

Covini menegaskan dukungan negaranya terhadap sejumlah proyek di wilayah Palestina, terutama di Gaza, seperti proyek pembangkit listrik tenaga matahari, dan berharap bisa dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Palestina.

Di samping itu, penguatan kerjasama bidang saint, terutama pertukaran pelajar antara kampus Palestina dan Irlandia, serta menggelar kemah ilmiyah internasional bagi mahasiswa Palestina, dengan agenda penelitian dan akademis secara bersama-sama. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment