Operasi Bedah di RS Al-Syifa Gaza Berhenti

Category: Berita 13 0

1617481317Kispa.org – Gaza

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengumumkan, semua operasi pembedahan di rumah sakitb Al-Shifa, telah dihentikan kecuali yang sangat darurat menyusul aksi mogok kerja yang dilakukan para pegawai kebersihan yang sudah lima bulan tak dibayar pihak rumah sakit.

Dalam pernyataan persnya yang diterima Pusat Informasi Palestina menyebutkan, pihaknya terpaksa menunda semua jadwal operasi untuk pasien onkologi di semua bagian khusus maupun umum. Kecuali dalam keadaan sangat darurat dan untuk menyelamatkan nyawa, menyusul aksi mogok para pekerja kebersihan.

Dia meminta staf medis yang bekerja di Rumah Sakit Al-Shifa untuk segera menghentikan aksinya dan kembali bekerja menyelesaikan tugas kebersihan rumah sakit yang selama ini mereka kerjakan. Ia memperingatkan kondisi yang tidak nyaman dengan menumpuknya sampah dan kotoran serta limbah rumah sakitr yang terus berlanjut.

Kementerian ini mengatakan, sejumlah besar kotoran rumah sakit dikumpulkan di bagian perawatan di rumah sakit tersebut, menyusul penangguhan pembayaran terhadap para pekerja kebersihan yang sudah 5 bulan belum dibayar.

Dia mengatakan, penghentian layanan kebersihan di rumah sakit dan pusat kesehatan lainya akan berdampak serius pada kesehatan pasien dan kesehatan masyarakat di Jalur Gaza secara umum.

Sementara itu, perusahaan kebersihan di Rumah Sakit Sabun UEA hari ini memulai melakukan aksi mogok secara total karena gaji mereka yang tak kunjung dibayarkan hingga bulan keempat secara berturut-turut.

Rumah Sakit Bulan Sabit Merah milik Uni Emirat Arab di Rafah sangat bergantung pada kebersihan, tanpa itu tidak ada operasi yang dapat dilakukan.

Menurut kementerian tersebut, 832 pekerja di perusahaan kebersihan rumah sakit daerah dan pusat kesehatan belum menerima gaji selama 4 bulan berturut-turut dengan nilai kontrak bulanan sebesar 943 ribu shekel (11,3 juta syikal per tahun). (aa/asy/PIP)

Related Articles

Add Comment