Konferensi Roma Janjikan 100 Juta Dolar untuk Dukung UNRWA

Category: Berita 17 0

Kispa.Org (Roma) Juru Bicara Badan Bantuan dan Pemberdayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Sami Mushasha, menyatakan bahwa setelah terjadi penundaan konferensi luar biasa yang berakhir di ibukota Italia, Roma, diumumkan janji baru sebesar 100 juta dolar dari nilai defisit kumulatif sebesar 446 juta dolar yang dialami UNRWA.

Dia menyatakan bahwa Komisaris Jenderal UNRWA Pierre Krineball, dalam komentarnya usai agenda konferensi, telah menjanjikan dukungan politik yang kuat kepada UNRWA, untuk tugas mandanya dan untuk pelayanan sensistif yang diberikan kepada pengungsi Palestina.

Krineball menjelaskan bahwa semua pihak harus bekerja keras hingga akhir tahun ini untuk mewujudkan hasil yang diinginkan. Dia menegaskan akan menyampaikan laporan terkait kemajuan yang dicapai kepada sekjen PBB pada pertengan bulan Mei mendatang.

Sami Mushasha menegaskan bahwa pertemuan ini menunjukkan komitmen internasional terhadap UNRWA dan pengungsi Palestina. Pertemuan ini dihadiri para pegawai senior dari lebih 70 negara di samping organisasi-organisasi internasional yang bermitra dengan UNRWA.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Federica Mujerini serta Menteri Luar Negeri Yordania, Menteri Luar Negeri Swedia, Menteri Luar Negeri Mesir dan perwakilan lebih dari 75 negara, termasuk Negara Palestina, yang diwakili oleh Perdana Menteri Rami Hamdallah.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, memuji peran UNRWA yang sangat diperlukan dan merupakan sumber kekuatan bagi masyarakat internasional serta harus dilindungi dan didukung.

UNRWA mengalami krisis keuangan besar yang mengancam operasi dan eksistensinya setelah Amerika Serikat memotong dana sekitar 300 juta dolar untuk pendanaan UNRWA. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment