Percikan Intifadah Gaza Meluas ke Tepi Barat dan al-Quds

Category: Artikel 12 0

-9970666Kispa.org – Hebron

Suasana emosi nampak jelas menyelimuti para pemuda pejuang di sejumlah kota Palestina di Tepi Barat, Jumat lalu.

Di Jerikho, Hebron, Ramallah, Nablus suasana meledak, yang membuat para politisi dan pengamat bertanya, akankan Tepi Barat memasuki fase baru konfrontasi?

Menurut Abdul Alim Da’na, tokoh Front Rakyat dan dosen di Universitas Politeknik Palestina, Tepi Barat tak akan berpangku tangan, aksi pawai kepulangan di Gaza akan beralih ke Tepi Barat.

Rakyat Palestina di Tepi Barat, Gaza dan al-Quds melakukan aksi perjuangan, semua aksi di Tepi Barat membuat khawatir zionis, karenanya mereka takut akan meletusnya Intifadah, dengan tema Intifadah Kepulangan.

Pengamat politik dan hukum, Hisyam Syurbati mengatakan, nampak kekhawatiran aparat keamanan otoritas akan menjadi penghambat utama Intifadah di Tepi Barat.

Aparat keamanan otoritas menangkapi sejumlah aktifis Intifadah.

Syurbati dalam wawancara khusus dengan koresponden kami menyatakan, suasana di Tepi Barat dan represif keamanan otoritas tak akan memberikan kesempatan bagi Intifadah Baru, dan solidaritas pawai kepulangan, karena otoritas hanya mengenal perundingan dan kerjasama keamanan.

Juru bicara kekuatan nasional, Fahmi Syahin menganggap aksi pawai kepulangan menjadi lompatan penting bagi semua kekuatan politik di Tepi Barat, untuk memperingati Nakba Palestina, dan menuntut hak kepulangan.

Syahin menegaskan, tak boleh diam terhadap konspirasi hak kepulangan, semua harus bergerak melakukan unjuk rasa dan menyudutkan Israel di level regional dan internasional. Kesuksesan utama ketika hubungan nasional dan persatuan makin kokoh di lapangan. (aa/pip)

Related Articles

Add Comment