Liga Arab Kecam Zionis Bunuh Tawanan Palestina

Category: Berita 27 0

Kispa.Org (Gaza) Liga Arab mengecam kejahatan yang dilakukan tentara sipir Zionis terhadap tawanan Palestina, Aziz Uwaisat hingga gugur di dalam penjara.

Dalam keteranganya, Selasa (22/5) Liga Arab menganggap pemerintah Zionis bertanggung jawab penuh atas meninggalnya Uwaisat (53 tahun) akibat dibiarkan tidak diobati.

Dalam suratnya, Liga Arab memperingatkan kebijakan Zionis dalam memperlakukan para tawanan Palestina dengan melanggar undang-undang mendasar HAM dan internasional terkait dengan masalah tawanan.

Ia mengisyaratkan kerasnya perlakuan Zionis serta sulitnya kondisi di dalam penjara yang tidak memenuhi standar syarat-syarat mendasar kemanusiaan. Hampir tiap hari para tawanan Palestina mengalami berbagai bentuk penyiksaan secara fisik, disamping intimidasi dan pengabaikan hak-hak medis.

Dalam hal ini, Liga Arab meminta masyarakat internasional untuk memaksa Israel agar menghormati prinsip-prinsip undang-undang internasional dan kemanusiaan serta netral terhadap konvensi Jenewa ke 4. Disamping Komitmen terhadap undang-undang perlakuan terhadap para tawanan Palestina.

Uwaisat ditangkap pada 2014 lalu dan divonis 30 tahun penjara. Ia perdarahan akut dan serangan jantung yang disebabkan serangan sipir penjara Israel. Ia mengalami koma dan kesehatannya terus memburuk serta meninggal di rumah sakit. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment