PM Hamdalah Diminta Lindungi Aksi “Cabut Sanksi Gaza”

Category: Berita 2 0

1836681928Kispa,org – Ramallah

Dewan HAM Palestina, Rabu (13/6) menyeru PM Romi Hamdalah untuk memberikan perlindungan bagi peserta aksi “Cabut Sanksi Gaza”, dan menjaga ketenangan internal yang digelar hari ini di Ramallah.

Dewan HAM menyatakan, warga berhak untuk berkumpul secara damai dan mengungkap pendapan mereka, yang dijamin undang-undang Palestina dan standar HAM internasional, dimana Palestina menjadi salah satu anggotanya.

Instruksi larangan yang diterbitkan penasehat Presiden urusan provinsi melanggar undang-undang, dan pelanggaran terhadap hak warga untuk berekspresi. Larangan ditujukan membungkam mulut rakyat, sehingga harus segera dihapus.

Keselamatan peserta aksi merupakan tanggung jawab pemerintah, terutama kepolisian, di tengah adanya ancaman terhadap mereka dan upaya membubarkan aksi, serta mentersangkakan pihak penyelenggara, agar bisa dijadikan sebagai korban.

Dewan HAM meminta jaminan bagi kebebasan warga untuk berekspresi dan berkumpul secara damai, yang dijamin undang-undang Palestina no 13 tahun 1998, serta konvensi HAM internasional, terutama terkait hak sipil dan politik.

Penasehat Presiden Palestina urusan wilayah Provinsi menerbitkan instruksi sebagai berikut: “Sebagai penghormatan kepada hak warga dalam berekspresi, dan menghormati hak bekerja sesuai undang-undang, dan melihat kondisi saat ini menghadapi hari raya, dan untuk memudahkan warga melakukan urusan kehidupan mereka saat ini, maka dilarang mengeluarkan ijin untuk aksi demonstrasi atau berkumpul yang mengganggu kegiatan warga, yang bisa berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari di saat jelang hari raya, sampai hari raya berakhir sesuai aturan yang berlaku.”

Instruksi ini bertepatan dengan seruan para aktifis, media dan seniman untuk menggelar aksi protes di provinsi Ramallah dan Nablus, hari rabu ini, menolak sanksi yang diberlakukan otoritas Palestina terhadap Gaza. (aa/mq/pip)

Related Articles

Add Comment