nfl jerseys outlet Pawai Kepulangan dan Konflik Timur Tengah | KISPA

Pawai Kepulangan dan Konflik Timur Tengah

Category: Artikel 4 0

-950642875Kispa,org – Gaza

Peristiwa Pawai Kepulangan di garis perbatasan Gaza mendapat respon di pentas politik internasional. Terutama di tengah liputan khusus yang dilakukan media internasional, serta tindakan represif tentara zionis, yang menewaskan 16 demonstran dan melukai lebih dari 1500 orang.

Para pengamat media dan politik di sejumlah media internasional sepakat bahwa peristiwa di Gaza bisa mengobarkan kawasan Timur tengah, seperti yang pernah terjadi pada Intifadah al-Aqsha tahun 2000, dan perang Gaza tahun 2014.

Dan sebaliknya, sejumlah media Israel menyatakan bahwa aksi pawai kepulangan telah mengembalikan Gaza ke pentas internasional, sebagai awal pergerakan rakyat Palestina menolak situasi yang terjadi.

Waktu dan Konteks

Surat kabar Inggris, The Guardian, menyatakan bahwa peristiwa di Gaza mungkin bisa mengobarkan situasi Timur Tengah, terutama ketika tak ada perdamaian yang jujur, dimana sikap Saudi justru mendukung Israel.

Kolumnis di surat kabar tersebut, Simon Tisdale, menyampaikan pertanyaan terkait sejauh mana kemampuan aksi menyulut krisis di Timur Tengah, dan mungkinkan menyeret Suriah, Libanon dan Iran? Dimana peringatan Hari Bumi kali ini berbeda dengan sebelumnya, terkait waktu dan konteks, yang akan berlangsung selama 6 pekan, dan berakhir pada peringatan Nakba ke 70 (Penjajahan Palestina tahun 1948), pada 15 Mei mendatang.

Simon mengaitkan antara peristiwa di Gaza dan rencana Amerika memindahkan kedubesnya ke al-Quds sebagai ibukota Israel, di saat yang sama mengabaikan banyak tuntutan Palestina, secara ringkas menurutnya kondisi tengah menghangat yang bisa menyebar ke seantero kawasan.

Kolumnis menyatakan, kekhawatiran tersebesar justru ada pada Hizbullah Libanon, yang menjadi musuh Israel dan sekutu Iran, yang mengendalikan kawasan perbatasan dengan Israel. Menurutnya ancaman utama bagi Israel ada di Hizbullah, yang memiliki rudak jarak pendek, menengah dan jarak jauh.

Rudal-rudal ini mencapai 130 ribu buah, dan lebih dari 50 ribu prajurit, banyak dari mereka ikut berperang di Suriah.

Jika konfrontasi berlanjut di Gaza dan meluas, kolumnis memprediksi kemungkinan Hizbullah melakukan intervensi, terutama dengan adanya janji Iran untuk membantu Hizbullah jika terjadi pertempuran baru.

Di saat Iran terus menegaskan dukungan bagi Hizbulllah Libanon, Israel berjanji untuk menghancurkannya di setiap pertempuran yang mungkin terjadi.

Dukungan Trump

Kolumnis memandang tak ada manfaat menunggu sikap DK PBB, seusai menggelar pertemuan Jumat malam dalam sidang darurat, DK tak mampu bersikap, meski hanya konferensi pers bersama.

Menyoroti sikap Saudi yang pernah menjadi inisiator perdamaian Arab, sikapnya kali ini mendukung Israel dan memusuhi Iran, satu sikap dengan Mesir.

Tisdale menganggap dorongan Saudi kepada Amerika untuk melakukan intervensi justru menghabiskan waktu, setelah Presiden Donald Trump memperlihatkan dukungan kepada Israel, dan bukan penengah dalam konflik ini.

Semua dampak yang mungkin ditimbulkan, Trump bertekad mengakhiri kesepakatan nuklir dengan Iran pada Mei mendatang, jika ia berhasil maka dipastikan segera menghapus semua kartunya di Timur Tengah.

Di lain pihak, pengamat militer menyebutkan, gugurnya 16 demonstran Palestina mengembalikan penderitaan Gaza ke panggung internasional, fenomena ini merupakan pendahuluan, untuk pergerakan rakyat Palestina memprotes kondisi yang menimpa mereka.

Demonstran Hakiki

Pengamat militer di surat kabar Yediot Ahronot, Alex Fishman menulis, para demonstran berjumlah sekitar 30 ribu orang, termasuk para wanita dan anak-anak, Hamas tak menyertakan seluruh anggotanya, mereka ini sebagai demonstran hakiki yang menegaskan kesuksesan aksi gelombang pertama.

Menurut Fishman, capaian terpenting bagi Hamas adalah reaksi di pentas internasional, dan kembalinya krisis di Gaza ke panggung kesadaran internasional. Disebutkan bahwa gelombang protes internasional akan berlanjut sebelum Israel membayar ganti rugi akibat tindakan represif yang menyebabkan korban meninggal dan luka-luka.

Jatuhnya 16 korban meninggal, bagi Hamas menjadi sumbu penyulut aksi mendatang, papar Fishman.

Sementara tembakan yang dilancarkan para sniper Israel terhadap para demonstran, karena tak ada cara lain yang dimiliki Israel untuk mencegah ribuan Palestina memasuki kawasan internal Israel.

Fishman mengingatkan Israel agar tak berlebihan dalam tindak represif terhadap Gaza, kegagalan Israel dalam menggagalkan Intifadah pertama akan terulang, dan bisa memicu kobaran luas, dan Israel akan menjadi terdakwa dari berbagai sisi.

Agenda Internasional

Fishman menegaskan bahwa aksi demonstrasi bisa berlanjut selama beberapa bulan kedepan, dan jika satu pihak menggunakan senjata, sebagai contoh sniper, maka tak ada pilihan bagi militer, dan terpaksa melakukan reaksi di sekitar garis perbatasan, dan mungkin agresi militer ke Gaza.

Menurut pengamat militer di canel 10 Israel, Alon ben David, militer Israel berhasil mencegah masuk demonstran dan memasang bahan peledak, sementara Hamas berhasil menghadirkan puluhan ribu aktifis, dan kebimbangan tengah menerpa Abu Mazen (Mahmud Abbas Presiden Palestina) karena Hamas berhasil menjadi organisator yang memimpin perlawanan Palestina.

Hamas menginginkan agar Gaza menjadi agenda internasional, dan hal ini sukses dilakukannya, Hamas akan terus melanjutkan aksi ini, sehingga rintangan besar masih berada di hadapan kita, ungkap Alon.

Sejumlah pengamat Israel menyebutkan, tidak terjadi satu pun serangan roket dari Gaza sejak aksi berlangsung. Namun menurut pengamat militer di surat kabar Ha’aretz, Amos Harel, aksi kemarin telah banyak menyibukan pimpinan dan militer Israel, mulai dari panglima militer Ghadi Azenkot, sampai pangkat terendah.

Jika demonstrasi berlanjut, secara otomatis mempengaruhi rencana latihan militer Israel yang intensif dilakukan akhir-akhir ini, memanfaatkan suasana kondusif di kawasan.

Aksi demonstrasi Palestina di Gaza bisa memicu hambatan baru, yang bisa meluas ke Tepi Barat dan al-Quds Timur. (aaa/pip)

Related Articles

Add Comment

Breno Giacomini Womens Jersey